Beberapa Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia

Spread the love

Saat selesai menempuh pendidikan tinggi menengah atas atau SMA banyak yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Saat ini sudah banyak universitas negeri dan swasta berkualitas yang bisa dijadikan tempat pilihan dengan biaya pendidikan yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan, bahkan tersedia beasiswa agar kalian bisa berkuliah secara gratis.

Sekolah Kedinasan Banyak Peminatnya

Namun banyak juga dari kalian yang lebih tertarik bersekolah ke sekolah kedinasan. Pendidikan semacam ini masih menjadi pilihan banyak calon mahasiswa. Alasannya apalagi kalau bukan karena prospek kerjanya yang bagus. Maka tidak mengherankan jika persaingan untuk bisa masuk ke sana sangatlah ketat karena banyak calon masyarakat dari seluruh penjuru negeri yang menginginkannya.

Daftar Nama Sekolah Kedinasan

Bagi kalian yang tertarik masuk ke sekolah kedinasan semacam itu tentunya harus mengetahui daftar sekolahnya. Sehingga akan mempermudah kalian dalam menentukan pilihan yang paling sesuai dengan minat. Adapun beberapa sekolah kedinasan yang bisa kalian ketahui adalah sebagai berikut ini.

  • Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Poltekip ini berada pada naungan Kementerian Hukum dan HAM. Nantinya para taruna akan diajarkan mengenai bagaimana cara mengelola lapas atau lembaga pemasyarakatan agar bisa memasyarakatkan para tahanan. Untuk potensi kerjanya terbilang cukup jelas yaitu pada bidang hukum.

  • Politeknik Imigrasi

Membaca namanya saja tentu kalian sudah paham jika para taruna yang bersekolah di sana akan diajarkan mengenai bagaimana sistem perpindahan penduduk dari Indonesia ke mancanegara ataupun sebaliknya. Nantinya para taruna yang lulus dari sekolah ini memiliki peluang yang besar bekerja pada bagian keimigrasian bandara ataupun pengelola transportasi lintas negara.

  • Politeknik AKA Bogor

Sekolah ini mengajarkan para tarunanya untuk bisa menganalisis kimia dan juga terapannya secara mandiri pada dunia kerja. Tidak hanya itu saja karena para taruna juga diajarkan mengenai bagaimana cara membina anggota tim, lulusan sekolah ini kebanyakan bekerja menjadi penjamin mutu (QA/QC) dan pengembang. Untuk sekolahnya sendiri berada di bawah Kementerian Perindustrian.

  • Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Bagi kalian yang tertarik bekerja pada bidang pertambangan maka sekolah kedinasan yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Nantinya para taruna memiliki peluang yang cukup besar untuk bisa bergabung dengan beragam perusahaan tambang bergengsi seperti Pertamina maupun perusahaan asing yang sudah berskala multi-nasional.

  • Politeknik Statistika STIS

Sekolah yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kalian karena merupakan sekolah yang populer dan banyak peminatnya. Sekolah ini berada pada naungan Badan Pusat Statistik, nantinya para taruna yang bergabung di sana akan diajarkan bagaimana caranya mengumpulkan serta mengolah data statistika agar nantinya bisa berguna bagi pembangunan bangsa.

  • Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA)

STIA berada pada naungan Lembaga Administrasi Negara, nantinya para taruna akan diajarkan mengenai seluk-beluk dari sistem administrasi. Pelajaran tersebut mulai dari kearsipan hingga sampai kepada manajemen sumber daya dan pembangunan daerah. Untuk lulusannya tentunya berpotensi untuk menjadi PNS maupun admin profesional.

  • Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Jika kalian memiliki keinginan untuk menjadi seorang agen rahasia, mata-mata maupun badan intelijen maka STSN ini bisa kalian jadikan pilihan. Nantinya setelah lulus dari sekolah ini kalian bisa memiliki potensi yang besar bergabung menjadi anggota Badan Intelijen Negara (BIN).

  • Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Bila mendengar nama STAN tentunya sudah tidak asing ditelinga kalian karena memang sekolah ini terkenal mencetak pekerjaan yang makmur. Nantinya bila bergabung ke sekolah ini kalian bisa menjadi pekerja pencatat keuangan negara. Bahkan lulusan dari sekolah ini terkenal memiliki penghasilan yang besar namun untuk proses seleksinya tergolong sangat ketat.

Untuk kalian yang bercita-cita mengabdi kepada negara dengan menjadi polisi maka sekolah ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Persiapkan diri sebaik mungkin agar kalian bisa lolos berbagai macam tahapan seleksi yang diadakan.

Jadi itulah beberapa sekolah kedinasan yang bisa kalian jadikan bahan referensi dalam menentukan pilihan. Sebenarnya selain yang disebutkan di atas masih banyak sekolah kedinasan lainnya, agar kalian lebih maksimal dalam menempuh pendidikan dan mengabdi kepada masyarakat setelah lulus maka pilih sekolah yang paling sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu saja kalian juga harus rajin mencari informasi mengenai tanggal pendaftarannya dan dokumen apa saja yang harus dipersiapkan. Jangan sampai kalian sudah belajar mati-matian namun tidak bisa mengikuti seleksi karena telat mendaftar.