Syarat Dan Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan

Spread the love

Berbicara mengenai sekolah kedinasan tentu saja yang identik dengan hal itu adalah prospek kerja yang menguntungkan. Adanya sekolah kedinasan tentu saja menjadi sebuah angin segar di tengah masa pandemi seperti saat ini yang mana mencari kerja termasuk sulit dilakukan. Walaupun begitu untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan bukan sesuatu yang mudah dilakukan.

Persiapan Masuk Sekolah Kedinasan

Bila diperhatikan daftar sekolah kedinasan di Indonesia jumlahnya tergolong banyak. Kendati demikian jumlah penerimaan siswanya juga terbatas sehingga kalian harus bersaing secara ketat dengan peserta lainnya.

Berbicara mengenai persiapan banyak dari kalian yang mengatakan bahwa belajar materi ujian adalah hal yang paling penting. Jika kalian berpendapat demikian sepertinya kurang tepat karena persiapan penting lain yang harus dipersiapkan yaitu berkas-berkas persyaratan yang harus dipenuhi.

  • Persyaratan Pendaftaran

Saat ini seleksi sekolah kedinasan dilakukan secara online tentu saja jika ada berkas yang tidak terpenuhi ataupun kurang sesuai akan secara otomatis gugur. Adapun beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi adalah sebagai berikut ini.

Untuk persyaratan dokumen meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu keluarga (KK), ijazah, rapor SMA, pas foto ukuran 4X6 centimeter dengan format jpg. Untuk foto pendaftar gunakan background foto berlatar merah dan posisi menghadap depan. Untuk ukuran dokumen biasanya menyesuaikan dengan instansi terkait.

Kalian juga harus paham mengenai ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan jurusan yang dipilih, pendidikan maupun sekolah kedinasan yang dilamar. Penting untuk diingat bahwa masing-masing jurusan dan sekolah kedinasan memiliki beberapa persyaratan yang berbeda dan sebelum melamar pastikan untuk mempersiapkan terlebih dahulu dokumen yang diperlukan.

  • Cara Pendaftaran

Untuk cara pendaftarannya tergolong mudah yaitu kalian akses laman SSCASN. Setelah itu lakukan pembuatan akun SSCN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK yang tentunya sudah tervalidasi. Jika sudah maka kalian bisa mencetak Kartu Informasi Akun Login pada laman tersebut dengan menggunakan NIK dan juga password yang telah dibuat sebelumnya.

Jika sudah masuk ke dalam laman tersebut maka lengkapi persyaratan yang dibutuhkan seperti upload swafoto, memilih sekolah kedinasan, mengupload berkas, melengkapi nilai hingga mencetak kartu verifikator instansi. Hal itu bisa dilakukan jika kalian sudah melakukan verifikasi data dan juga berkas pelamar.

Jika sudah waktunya pengumuman seleksi administrasi maka kalian bisa mengecek status kelulusan dengan kembali log in ke dalam akun. Untuk yang lolos akan mendapatkan kode billing untuk selanjutnya lanjut ke proses pembayaran.

Untuk aturan pembayaran biasanya masing-masing sekolah dinas terkait berbeda. Nantinya jika kalian sudah selesai melakukan pembayaran maka akan diproses ke tahap selanjutnya. Penting untuk diingat bahwa pelamar hanya bisa memilih 1 (satu) sekolah kedinasan saja dan untuk pembayaran ke Bank yang sudah dipilih.

Proses Pendaftaran Terintegrasi

Proses seleksi penerimaan taruna di sekolah kedinasan harus melalui portal yang telah disediakan oleh BKN. Hal itu tentu saja demi kelancaran proses seleksi sehingga pelamar tidak perlu datang jauh-jauh ke suatu tempat hanya untuk melakukan pendaftaran saja.

Bahkan dengan adanya proses seleksi yang terintegrasi ini memudahkan dalam penyampaian informasi yang terkait dengan perubahan yang mungkin saja terjadi. Sehingga pelamar hanya perlu membuka portal BKN saja dan bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan di sana.

Jika kalian sudah mempersiapkan berbagai macam syarat yang dibutuhkan dan mengetahui cara pendaftarannya maka kalian persiapkan diri untuk belajar lebih giat. Belajar lebih giat dan pahami materi-materi yang keluar dalam tes untuk mempermudah kalian dalam mengerjakan ujian nantinya.